Kamis, 27 September 2012

Taman Kanak-Kannak (TK) Nahdlatul Wathan Jakarta

a. Sejarah Singkat Berdirinya
Pendidikan Islam memiliki kaitan yang sangat erat dengan Pondok Pesantren. Karena itu bila membicarakan Pondok Pesantren, berarti membicarakan suatu tempat yang sangat tepat  untuk menyiarkan ilmu pengetahuan dan kebudayaan Islam. Oleh karena TK Nahdlatul Wathan ini berada dalam naungan Pondok Pesantren Nahdlatul Wathan Jakarja, maka TK tersebut bernuansa Islami.
Keberadaan TK ini diawali dari perbincangan para pengurus Pondok Pesantren Nahdlatul Wathan Jakarta pada saat itu, sehingga tercetuslah inisiatif untuk mendirikan lembaga pendidikan kanak-kanak yang bernuansa Islami. Masukan tersebut disambut gembira oleh masyarakat sekitar sehingga masyarakat memberi  dukungan dengan keberadaannya karena pada saat itu masyarakat juga membutuhkan sarana pendidikan untuk anak-anak mereka sebelum masuk di Sekolah Dasar.
TK Islam Nahdlatul Wathan ini berdiri pada tanggal 21 Januari 1990, berlokasi di Jl. Raya Penggilingan Kp. Pisangan I, Rt 01/03 Penggilingan Cakung Jakarta Timur. TK ini berada di bawah naungan Yayasan Nahdlatul Wathan Jakarta. Gedung TK adalah milik Yayasan bahkan saat ini sedang dalam proses pembangunan peningkatan gedung dikarenakan semakin banyaknya siswa-siswa yang mendaftar.
Sampai saat ini keberadaanya TK Islam ini mengalami peninggatan baik dalam jumlah siswa dan jumlah kelas. Terbukti dari jumlah murid yang terdaftar sampai saat ini adalah 67 siswa yang terdiri dari 4 kelas dan sisanya sedang dalam proses pembangunan, walaupun sebelumnya sempat terjadi penurunan diakibatkan banyaknya TK baru yang berdiri di daerah tersebut dengan menawarkan program baru yaitu program PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), namun saat ini TK NW telah mampu meningkatkan kualitasnya dan memperoleh kembali kepercayaan para wali murid dengan program-program yang di laksanakan. Sehingga perkembangan jumlah murid setiap tahun kembali meningkat. Seiring dengan bertambah tingginya animo masyarakat terhadap pendidikan Nahdlatul Wathan Jakarta. Dengan kondisi demikian maka gedung  TK Islam Nahdlatul Wathan Jakarta di tingkat.
Tujuan pendidikan yang direalisasikan TK Islam Nahdlatul Wathan Jakarta adalah menunjang tujuan pendidikan Nasional dan memberikan kesempatan pada masyarakat sekitar untuk dapat memberikan pendidikan pada anak-anak usia dini.
b. Visi dan Misi
1. Visi
Membentuk siswa menjadi anak soleh, cerdas, kreatif, mandiri, dan berakhlakul karimah.
2. Misi
· Membiasakan anak berprilaku yang mencerminkan ketakwaan terhadap Tuhan Yang maha Esa.
·  Menumbuhkan rasa cinta tanah air
·  Membimbing anak untuk mandiri
·  Membimbing anak untuk kreatif dengan keterampilan dasar dan seni
·  Membekali anak dengan kemampuan dasar untuk siap pada jenjang pendidikan selanjutnya          
c. Daftar Tabel Guru dan Karyawan[1]
No.
Nama
Tempat
Tanggal
Lahir
Jenis
Kelamin
Mulai
Mengajar
Jabatan
Ijazah
Terakhir
Jumlah Jam
1.
Mimin Mutoah
Banjar
30 - 05 - 1974
P
20 - 07 -1998
Kepala
PGTK
24
2.
Djumirah
Tanon
10 - 06 - 1953
P
25 - 07 -1991
Guru
PGTK
24
3.
Marfuah, S.Pdi
Jakarta
07 - 12 - 1975
P
17 - 07 -1995
Guru
S.1
24
4.
Siti Khairunnisa, S.Pdi
Jakarta
23 - 09 - 1981
P
01 - 08 -2002
Guru
S.1
24
5.
Ahmad, S.Pdi
Pancor
31 - 05 - 1971
L
12 - 07 -1993
TU
S.1
-

d. Kegitan Kurikuler
Kegiatan belajar mengajar dilaksanakan sesuai dengan kalender pendidikan yang dikeluarkan oleh Bidang TK Nahdlatul Wathan Jakarta dengan mengacu pada kalender pendidikan yang dikeluarkan departemen Pendidikan Nasional. Sedangkan kurikulum yang dipakai di TK Islam Nahdlatul Wathan Jakarta adalah mengikuti kurikulum pendidikan Nasional.
1. Kegiatan Intra Kulikuler
Kegiatan intra kulikuler adalah setiap kegitan yang terkandung dalam konten kurikulum dan telah diberi tambahan berupa pengayaan. Kegiatan intra kulikuler di TK Islam Nahdlatul Wathan Jakarta meliputi menghafal surat-surat pendek, menghafal do’a-do’a, belajar Bahasa Inggris, melukis dan menari.
2.  Kegiatan Ekstra Kulikuler
Sebagai kegitan penunjang TK Islam Nahdlatul Wathan Jakarta memberikan kegiatan Ekstrakulikuler kepada siswanya, adapun kegiatan ektrakulikuler yang saat ini ada di TK Islam Nahdlatul Wathan Jakarta adalah Drum Band dan menari tradisional.



[1] Documet TK Nahdlatul Wathan Jakarta Tahun 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar